Apa Saja Jenis Kitchen Equipment Dan Bagaimana Klasifikasinya

Published on 29 November 2021
Photo Caption by GMP Stainless
Jenis Kitchen Equipment

Kitchen equipment adalah peralatan yang dibutuhkan untuk menciptakan dapur profesional untuk kebutuhan industri kuliner besar, seperti di restoran hingga hotel. Kitchen equipment ini pada umumnya berukuran besar dan berfungsi membuat sebuah ruangan menjadi dapur. Dapur di restoran ataupun hotel membutuhkan kitchen equipment yang berkualitas. Saat ini, kebutuhan akan kitchen equipment semakin meningkat seiring dengan binis restoran dan hotel yang juga semakin maju.

Dalam memilih peralatan dapur profesional, perlu diperiksa dulu apakah memang berkualitas atau tidak. Periksa juga suppliernya, agar tidak salah memilih jasa. Kualitas peralatan dapur yang digunakan bisa mempengaruhi hidangan, baik dari segi rasa serta kesehatan. Sebelum itu, Anda juga dianjurkan untuk mengetahui jenis - jenis kitchen equipment dan klasifikasinya terlebih dahulu.

Mengenal Jenis - Jenis Kitchen Equipment

Ada banyak sekali jenis - jenis peralatan dapur profesional untuk bisnis hotel, resto, kafe, dan kantin. Setiap peralatan tersebut memiliki fungsinya masing - masing, yang mana bisa memudahkan proses memasak. Adapun berikut ini beberapa jenis kitchen equipment wajib yang selalu dipakai pada dapur profesional di hotel dan resto besar,

1. Cabinet dan Shelving

Kedua jenis peralatan dapur ini berfungsi sebagai media penyimpanan. Perbedaanya, cabinet adalah lemari penyimpanan tertutup yang bisa menampung banyak alat. Sedangkan shelving adalah rak penyimpanan yang terbuka dan hanya bisa menampung alat berukuran kecil.

2. Work Table

Ini adalah meja kerja atau meja persiapan yang dipakai untuk mengelolah bahan mentahan sebelum akhirnya dimasak. Kitchen equipment yang satu ini sangat penting, meskipun terlihat sederhana.

3. Sink Table

Ini adalah meja yang dilengkapi dengan tempat cucian, yaitu untuk membersihakn berbagai alat masak setelah digunakan. Serta untuk mencuci bahan - bahan masakan.

4. Freezer & Chiller

Kedua alat dapur ini memiliki fungsi yang mirip, yaitu untuk mendinginkan makanan. Perbedaannya, chiller bisa mendinginkan makan lebih cepat dalam waktu singkat. Sedangkan freezer lebih untuk menyimpan bahan masakan agar tetap beku dan bisa bertahan lama.

5. Bain Marie

Ini adalah alat dapur yang fungsinya untuk menghangatkan makanan yang telah dingin. Bain marie ini terbagi menjadi dua, yaitu bisa menggunakan energi listrik dan bisa juga menggunakan energi gas.

6. Gas Bumper, Grill, & Fryer

Ini adalah jenis alat dapur yang sangat penting, fungsinya untuk memasak. Jika tidak ada alat ini, maka proses produksi di dapur tidak bisa berjalan dengan lancar.

7. Rack & Trolley

Ini adalah alat dapur yang memudahkan dalam mobilitas atau pemindahan barang serta bahan baku masakan. Terdapat banyak jenis rak troli yang ada saat ini, dan fungsinya juga berbeda - beda.

Info Klasifikasi Kitchen Equipment Restoran dan Hotel

Setelah mengetahui jenis - jenis kitchen equipment wajib yang selalu ada di dapur resto dan hotel. Selanjutnya akan dijelaskan secara singkat tentang klasifikasi peralatan dapur profesional. Klasifikasi peralatan dapur dibagi menjadi 3, apa saja? Langsung cek di bawah ini,

1.  Peralatan Mekanik

Ini adalah klasifikasi peralatan dapur yang menggunakan tenaga secara manual. Yaitu tidak menggunakan listrik atapun bahan bakar gas. Sebagai contoh, timbangan, mesin pembuat mie, mesin penggiling daging, rak troli, dan lainnya.

2. Peralatan Gas dan Listrik

Ini adalah jenis peralatan dapur yang menggunakan tenaga listrik dan gas. Secara umum dapur profesional lebih banyak menggunakan kitchen equipment dengan klasifikasi ini. Ada banyak sekali peralatan dapur yang masuk di klasifikasi ini, mulai dari bain marie, freezer, chiller, gas bumper, grill, fryer, oven, dan lainnya

3. Peralatan non Listrik

Klasifikasi yang terakhir adalah peralatan non listrik. Jadi bisa digunakan tanpa menggunakan energi listrik. Contohnya work table, sink table, handsink, shelving, cabinet, rack trolley, dan lainnya.

Dapur dengan peralatan yang lengkap atau memadai, bisa menunjang proses produksi. Agar tidak salah membeli kitchen equipment yang berkualitas, Anda harus menggunakan jasa dari supplier yang terpercaya. GMP kitchen equipment adalah rekomendasi supplier peralatan dapur profesional yang terpercaya. Produk berkualitas, instalasi terbaik, harga terjangkau, bisa request desain, dan garansi bisa didapatkan dari supplier ini. Jadi tunggu apa lagi? Lengkapi kebutuhan dapur terbaik hanya di GMP kitchen equipment.

Back to Top

Silakan masukkan nomor Whatsapp Anda, Kami siap membantu dan menjawab segala pertanyaan