CARA MERAWAT KITCHEN EQUIPMENT

Cara Merawat Kitchen Equipment

Cara Merawat Kitchen Equipment yang benar

Penyebab rusaknya kitchen equipment bisa dikarenakan tak pernah dipakai, atau karena perawatan kitchen equipment yang kurang tepat. Beragam jenis kitchen equipment dengan berbagai model kitchen equipment yang terbuat dari macam – macam bahan seperti stainless steel, plastik, kayu, anti lengket hingga alumunium mungkin telah tersedia di dapur Anda. Dan semua kitchen equipment tentu memerlukan perlakuan & perawatan yang berbeda – beda.

Baca Juga Fungsi Kitchen Equipment

Tips Merawat Kitchen Equipment Stainless

Bagi Anda yang memiliki kitchen equipment berbahan Stainless, berikut ini ada beberapa cara merawat kitchen equipment yang bisa anda lakukan agar alat alat dapur anda tetap awet, yaitu :

Rebuslah air yang sudah ditambahkan sedikit cuka hingga mendidih dalam kitchen equipment baru atau yang belum digunakan seperti wajan di peralatan dapur, panci di dapur, pengukus dan kitchen equipment lainnya yang berbahan alumunium. Hal ini bisa mencegah makanan lengket saat diolah.

Cara Membersihkan Kitchen Equipment yang menghitam dan berkarat

Cara merawat kitchen equipment selanjutnya yaitu dengan membersihkan kitchen equipment yang menghitam atau berkarat dalam peralatan dapur. Caranya :

  1. Campurlah 1 liter air
  2. Tambahkan1 sendok teh krim of tartar
  3. Rebus selama 10 menit dalam peralatan dapur tersebut
  4. Angkat.
  5. Selanjutnya gosok noda menghitam/karat yang ada di alat dapur tersebut dengan spon hingga bersih selagi air rebusan masih hangat.
    Baca Juga Tips Memilih Kitchen Equipment yang baik dan tepat!

Cara Menghilangkan Bau amis pada kitchen equipment

Cara merawat Kitchen Equipment yang lain adalah “menghilangkan bau amis atau anyir yang masih menempel di peralatan dapur” Caranya :

  1. Bubuhi dengan beberapa tetes air jeruk nipis / lemon.
  2. Diamkan selama 15 menit
  3. Lalu cuci bersih peralatan menggunakan sabun cuci dan spon.
  • Khusus untuk loyang, cetakan kue dan wadah lainnya yang tidak terkena api langsung, setelah dicuci, peralatan dapur tersebut bisa dikeringkan dibawah terik matahari atau panaskan kitchen equipment dalam oven selama 2 menit.
  • Atau bisa juga dengan dikeringkan menggunakan lap bersih. Hal ini untuk menghilangkan noda atau flek yang akan merusak penampilan peralatan kitchen kitchens tersebut.

Agar oven konvensional tahan lama, selalu bersihkan seluruh bagiannya mulai dari kaca, rak, hingga bagian bawah oven yang langsung terkena api. Demikianlah artikel ini semoga bermanfaat.

 

Write Your Review

Your email address will not be published. Required fields are marked *